Penemuan Tidak Harus Kompleks - Asdita Prasetya

Penemuan Tidak Harus Kompleks

Penemuan Tidak  Harus Kompleks

Penemuan tidaklah harus suatu hal yang kompleks seperti bagaimana membuat mobil bisa berjalan di darat maupun air, atau menemukan rumus menghitung luas persegi panjang baru yang bisa mematahkan rumus lama yang telah ditemukan ratusan tahun lalu atau mungkin menemukan bagaimana cara agar gebetan bisa ngerti tentang perasaan yang telah kita pendam lama.


Tidak, penemuan tidak harus seperti itu, ada banyak penemuan bagus berasal dari hal sederhana. Contohnya adalah WeChat pay, aplikasi ini tercipta karena adanya tradisi berbagi angpau, aku yakin kalian juga sudah tidak asing dengan istilah angpau, budaya memasukkan uang ke dalam amplop merah kemudian membagikannya sebagai hadiah, hampir semua lapisan warga di China melakukan tradisi ini, mulai dari kerabat, bos, teman semua membagikan angpau.


Dikantor WeChat setiap tahun para karyawan berbaris untuk mendapatkan angpau dari bosnya, karena setiap tahun antrean makin mengular WeChat mencoba untuk membuat tradisi berbagi angpau menjadi transaksi elektronik,  awalnya aplikasi ini hanya diperuntukkan bagi internal WeChat karena respon internal yang bagus maka aplikasi ini dilepas ke publik, respons dari publik juga tidak kalah bagus.

Lalu sampai sekarang aplikasi ini terus di dikembangkan dan menjadi salah satu solusi pembayaran cashless paling populer di China dan setara dengan Alipay dari Alibaba yang telah rilis jauh sebelumnya, WeChat Pay digunakan mulai dari restoran sampai belanja sayur dipasar.

WeChat Pay
Pengguna WeChat Pay, sumber gambar titro.id
Dengan pengguna yang semakin bertambah transaksi jual beli yang terjadi dengan menggunakan WeChat Pay juga semakin bertambah, perusahaan WeChat bisa mendapatkan data – data strategis untuk keperluan bisnis perusahaan.

Ide awalnya sederhana lalu di eksekusi dan bisa menjadi aplikasi paling populer yang digunakan oleh semua orang dinegara asalnya, dan kabarnya beberapa toko di Indonesia sudah menerima pembayaran menggunakan WeChat Pay.

Kalau di China ada WeChat Pay, di Indonesia ada KitaBisa.com dari ide sederhana untuk bisa membantu orang – orang yang terkena bencana platform KitaBisa.com saat ini menjadi platform yang paling populer untuk melakukan penggalangan dana dan bantuan sosial.

Dua contoh tadi membuktikan bahwa penemuan tidak harus suatu hal yang kompleks, asal ada niat dan usaha untuk memecahkan suatu permasalahan kita semua bisa membuat penemuan yang bermanfaat bagi khalayak umum. 

Note : Bagi yang inggin tahu lebih tentang sejarah WeChat Pay silahkan kunjungi link berikut ini Medium.com 
logoblog
Asdita Prasetya
Asdita Prasetya Updated at: 12/11/2017

5 komentar

  1. Sepertinya juga kepekaan itu penting, kaya kitabisa juga berawal dari kepekaan si foundernya buat bantuin orang akhirnya muncullah itu.
    Tapi memang penemuan gak harus besar, tapi harus bermanfaat untuk orang lain.

    btw, dlu aku pake wechat tapi setelah ketemu line jadi pindah ke line soalnya gak ada temen yang pake we chat ahah

    BalasHapus
  2. We Chat kayaknya di Indonesia sekarang udah jarang dipake,emang sosial media di tiap negara beda beda, denger2 kalo di china sama kamboja we chat adalah sosial media paling populer, malahan disana instagram sama youtube jarang yang pake

    BalasHapus
  3. Setuju, Mas. Intinya asal ada niat dan usaha in shaa Allah bisa. Ngga ada hasil tanpa usaha. Berdoa saja tidak cukup kalau tidak dibarengi dengan usaha. Aku rasa wechat sekarang sudah jarang yang pake ya. Ya, lagipula dari serame dulu sampe sekarang aku belum pernah menggunakannya..hehe

    BalasHapus
  4. dunia ini makin lama emang makin canggih ya termasuk cara pembayarannya juga, gue juga mulai seneng bayar bayar pake debit card aja nggak usah pake uang kertas karena lebih simple dan nggak usah mikirin kembalian. We Chat Pay juga keren bangettt...

    BalasHapus
  5. Aku mulai ikut berpikir apakah uang kertas/koin suatu saat bakal ilang? 😶
    Abaikan wkwk
    Sayangnya aku ga pake weChat, jadiiii mungkin ini akan lebih membantu buat orang2 yang pake wechat...

    BalasHapus