Kuliner Khas Ambon yang Wajib Kamu Coba - Asdita Prasetya

Kuliner Khas Ambon yang Wajib Kamu Coba

Kuliner Khas Ambon yang Wajib Kamu Coba

Di samping punya budaya yang bermacam – macam negara kita ini juga memiliki banyak jenis makanan, dari sabang sampai Merauke punya makanan khasnya tersendiri, satu jenis bahan dasar bisa menjadi banyak jenis makanan sesuai dengan cita rasa khas daerah asal. Opor ayam di Yogyakarta jika dibanding dengan Opor ayam di Ambon memiliki cita rasa yang berbeda.

Ngomong-in Kota Ambon, kota yang sekaligus sebagai Ibu kota provinsi Maluku, memiliki banyak cita rasa kuliner yang rasanya tak ada habisnya, terlebih untuk para pecinta makanan, yang paling populer adalah makanan dengan bahan dasar ikan dengan metode memasak yang tidak bisa ditemui di tempat lain.

Tempat paling pas buat mencicip kuliner Ambon tentunya di daerah asalnya. Kalau liburan ke sana, jangan ragu buat mencicip kuliner khas yang dijamin bakal bikin ketagihan. Nah supaya engga binggung berikut ini gue kasih list makanan yang perlu di cicipin di Ambon.

Ikan Cakalang Asar

Ikan cakalang asar
source:inisayadanhidupsaya.wordpress.com (Ikan Cakalang Asar)
Bahan dasarnya adalah ikan cakalang alias ikan tuna, yang dimasak dengan cara diasap dengan bahan bakar batok kelapa. Sudah kebayang kan bagaimana wangi ikannya ? Apalagi ditambah dengan sambal colo-colo yang pedas, dipadu dengan nasi putih hangat. Hmm, bikin lapar!

Papeda Kuah Ikan

papeda kuah ikan
source:wikipedia.org papeda kuah ikan

Bagi masyarakat Ambon dan Papua, papeda adalah makanan dasar yang nggak boleh ketinggalan. Bagi masyarakat Ambon, papeda dinikmati dengan kuah ikan yang biasanya berwarna kuning dan terasa gurih. Dengan bahan dasar ikan yang segar, kuah ikan untuk papeda rasanya tentu lain dengan yang dibuat di daerah lainnya.

Kohu-Kohu

Kohu - kohu
source:hariandabama.com Kohu - Kohu
Bentuknya mirip dengan urap-urap atau gudangan di Jawa, namun dengan rasa dan bahan bumbu yang berbeda.  Di Ambon, kohu-kohu dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, cabai, jeruk nipis dan ditambah ikan cakalang. Setelah itu baru diurap dengan parutan kelapa. Rasanya, sungguh segar dan nikmat.

Nasi Lapola

nasi lapola
cookpad.com Nasi Lapola

Meski makanan pokok di Ambon adalah papeda, namun masyarakat sekitar juga mengonsumsi nasi yang dimasak dengan cara unik, namanya Nasi Lapola. Tidak sekedar dikukus biasa, nasi ini dimasak dengan kacang kedelai merah, garam dan kelapa parut. Rasanya gurih, dengan sensasi kacang merah atau yang disebut dengan nama tolo di Ambon. Bagi yang ingin mencoba langsung, silahkan datang kesini pada saat hari libur tiba atau saat weekend.

Pisang Asar

Asar dalam bahasa Ambon artinya asap. Namun khusus jajanan yang satu ini, cara membuatnya bukan dengan cara diasap, melainkan dioven dengan suhu tertentu sampai masak. Biasanya yang dipakai adalah pisang raja, karena memang tidak semua pisang bisa digunakan untuk membuat makanan yang satu ini. Dengan bahan pisang raja, rasa pisang asar dijamin manis dan legit. Enak buat teman minum teh sore-sore di tepi pantai Ambon nan cantik.

Sagu Bakar

Dilihat sekilas, sagu bakar ini bentuknya mirip dengan pukis karena menggunakan cetakan yang sama. Namun bahannya sudah tentu berbeda, karena makanan ini dibuat dari tepung sagu yang dipadukan dengan kelapa dan gula merah. Rasanya, aduhai sekali. Dijamin nggak akan kamu temui di tempat lain kalau nggak di Ambon.

Rujak Natsepa

Rujak Natsepa
source:blog.umy.ac.id Rujak Natsepa
Sekilas makanan ini mirip dengan rujak manis yang ada di kota lain di Indonesia. Namun sebenarnya ada yang membuat rujak natsepa ini berbeda, yaitu tambahan ubi jalar parut di bumbunya. Ubi jalar ini membuat rasa rujak natsepa jadi unik dan berbeda. Apalagi jika dinikmati di tepi pantai Natsepa, daerah asalnya, pasti lebih nyuss!

Masih ada banyak lagi kuliner Ambon yang bisa kamu cicipi di pulau nan manise ini. Ditambah dengan pantai-pantai indah dan alam yang cantik luar biasa, kuliner di Ambon wajib banget kamu cicip langsung di daerah asalnya.

Sudah kepengen kan mencicip semuanya ? Yuk pesan tiket promo Lion Air dan terbang ke Ambon dengan harga yang terjangkau. Dijamin nggak nguras kantong, karena promo Lion Air bisa dinikmati  siapa saja dan kapan saja.

Kalau kamu pesan tiket promo Lion Air sejak jauh hari, dijamin bakal dapat harga yang lebih murah lagi buat terbang ke Ambon. Menarik kan?
logoblog
Asdita Prasetya
Asdita Prasetya Updated at: 10/20/2017

15 komentar

  1. Dari sekian banyak kuliner Ambon cuma Papeda doang yang ga asing di dengar.
    dulu aku punya teman orang Ambon, dia selalu menyuruhmu ke kampugn halamanya buat cobain Papeda.
    dan sampei sekarang belum kesmampean,
    semoga ada rejeki buat kulineran ke Ambon :)

    BalasHapus
  2. Gue mau nanya, deh, apakah asal lo dari kota Ambon? Keren banget bisa tahu semuanya! :)

    Gak tahu kenapa, bawaannya jadi mau makan gitu tiap liat postingan yang ada kuliner-kulinernya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah sayang banget, seharusnya kamu jadi orang Ambon bang kami pasti bangga

      Hapus
  3. Waduh pengen banget itu Ikan Cakalangnya... sumpah ini siang-siang pulang kuliah belum makan jadi pengen ke Ambon dah buat makan siang xD

    BalasHapus
  4. MasyaAllah. Enak banget makanannya. Setiap daerah punya makanan khasnya masing2, dan untuk Ambon papeda dan ikan asap yang paling familiar. Dan aku pengen banget nyobaaaaaa. Kayaknya enak travelling ke Ambon.

    BalasHapus
  5. Belum makan semua aku, tapi itu yang terakhir boleh lah, jadi pengen rujak nih, Mas :D
    Tapi jam segini dah gak ada yang jual..

    BalasHapus
  6. cuma kohu-kohu ama pappeda yang udah ku coba,itupun temen kosan yg buat tapi mantaplah..
    emang mantap kalo sekosan beda2 asal daerah

    BalasHapus
  7. cuman papeda sama ikan asar yang pernah aku cobain, selain itu paling nyobain oleh-oleh kue khas maluku kayak kue kenari.
    kalau dulu pas di papua, papedanya peranakan gitu, jadi selain ikan kuah kuning, ada tumis kangkung dan sambal bawang. biasanya sebulan sekali ada acara makan papeda bareng satu komplek rumah, sekarang pingin papeda susah dapet ikan seger :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. keknya semua orang pada suka papeda ya

      Hapus
  8. dari beberapa makanan diaatas yang paling aku suka rujaknya, soalnya enak banget belum lagi bumbunya itu yang diracik dari khas ambon emang joss banget lah

    BalasHapus
  9. wah itu cakalang asapnya leh uga. jadi baper, eh laper.
    Rujaknya akup pikir rujan nestapa haha

    BalasHapus
  10. jadi laper nich.

    asik juga banyak olahan makanan ikan. terutama ikan cakalang asap. kayaknya enak bangeettt... ditambah sambel colo colo. apalah itu. pokoknya kalo udah denger kata sambel, gue pasti nambah makannya.

    nampak kayak urab yang satu itu. tapi pasti beda banget rasanyas ecara pake ikan gitu. ckckck. jadi pengen juga.

    mooga ada kesempatan gue icip icip makanan itu yah. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikan cakalang + sambil + sayur, dimakan waktu siang bolong, segernya berlipat - lipat ganda pokoknya

      Hapus
  11. Salam kenal Asdista.

    Duh kohu-kohu nya bikin ngiler. Sebagai orang sunda gak bisa nolak ama menu sayuran.

    BalasHapus