Google Tahu Segalanya - Asdita Prasetya

Google Tahu Segalanya

Google Tahu Segalanya

Beberapa hari ini gue bertanya – tanya kenapa Google bisa pintar banget, ngga perlu di ragukan lagi berkat kecanggihannya dan segara kemudahan yang ditawarkan menjadikan Google sebagai raksasa yang mendominasi dunia maya dengan berbagai produknya, hampir semua yang kita cari bisa dengan mudah ditemukan dengan bantuan Google, mau cari resep makanan, mau cari info sekolah, bahkan buat cari info buat bahan chat sama gebetan Google siap membantu, tapi kalo cuma di read saja Google ngga bisa bantuin kamu.


Gue yakin sebagian besar pembaca blog ini adalah pengguna aktif Google, dengan browser Google Chrome, sambil browsing dengerin musik streaming dari YouTube, kebetulan HP yang kalian pakai sehari – hari make OS Android, jika saat ini kalian ada di cafe yang baru pertama kali dikunjungi pasti kalian cari lokasi pakai Google Maps, terus yang terakhir pasti kalian punya akun Gmail, nah platform blog yang kita pakai sekarang juga bagian dari Google.

Terus gimana caranya Google bisa secanggih saat ini, bisa membantu mempermudah hampir semua permasalahan yang ada ? suatu hari gue browsing tentang film Kingsman: The Golden Circle, tanggal rilis, info pemain dan yang lainnya, di hari berikutnya muncul notifikasi di HP gue yang berkaitan dengan Jadwal tayang Kingsman: The Golden Circle.

Contohnya lain waktu gue lagi ada di cafe dan sedang asyik menikmati secangkir kopi yang diseduh dengan penuh rasa kasih sayang oleh barista yang cantiknya bagai bidadari tiba – tiba muncul notifikasi  yang minta buat mengisi survei tentang tempat yang sedang gue kunjungi ini.

Setelah gue ditelusuri ternyata Google bisa tahu lokasi keberadaan kita, apa yang kita suka, bagaimana kita berinternet, orang terdekat yang kita telefon, aplikasi apa saja yang kita pakai dan hampir semua informasi penting yang ada dalam diri kita. Google bisa tahu itu semua dari mana ?

mendaftar akun google mail
Mendaftar akun Google Mail

Semua dimulai Ketika kamu membuat akun Google Mail saat itulah pertama kalinya Google mulai mengumpulkan data pribadimu, kamu diminta untuk mengisi formulir pendaftaran yang memuat informasi pribadimu, mulai dari nama depan, nama belakang, tanggal lahir sampai nomor telefon, akun Gmail ini lah yang akan menjadi gudang dari semua data pribadi milikmu.

Ketika kamu menambahkan kontak baru di HP maka Google akan merekomendasikan untuk menyimpan data di akun Gmail

Ketika kamu ingin membeli barang baru kamu pasti akan browsing mencari informasi tentang barang yang akan kamu beli, disini Google akan menyimpan riwayat pencarianmu.

Ketika kamu pergi ke tempat baru, kamu pasti menggunakan Google Maps sebagai peta dan navigasi supaya kamu tidak nyasar ke tempat yang lain, dengan ini Google bisa melacak lokasi dan rute yang kamu ambil, dan masih banyak lagi bagaimana Google bisa mendapatkan data kita.

Google akan terus menyimpan dan mengolah datamu lewat seluruh aktivitas yang kamu lakukan dengan aplikasi yang dibuat Google, tentunya dengan izin kamu sebagai penggunanya, izin ini akan secara otomatis kamu berikan ketika kamu menggunakan layanan Google, selengkapnya tentang kebijakan privasi dari Google ikuti tautan berikut.

Walaupun Google menyimpan seluruh data pengguna, kita masih bisa menghapus data yang disimpan dengan menggunakan beberapa tool yang di sediakan oleh Google, diantara-Nya adalah Google My Activity yang menyimpan semua aktivitasmu, mulai dari riwayat pencarian yang sudah kamu hapus dari browser sampai aplikasi yang digunakan, lewat tool ini kamu juga bisa mengontrol tentang aktivitas apa saja yang di monitor oleh Google, untuk kamu yang tidak mau diawasi tinggal hapus saja semua riwayat aktivitas secara rutin.

Google Maps Timeline
Google Maps Timeline

Selanjutnya adalah Timeline Google Maps kamu bisa melihat semua riwayat tempat yang pernah kamu kunjungi lokasi, jam, tanggal, rute dan alat transportasi yang kamu gunakan. Tenang saja fitur ini dapat kamu matikan.

Dengan mengolah data dari seluruh penggunanya Google bisa sangat pintar dan membantu hampir semua aspek kehidupan kita saat ini, lalu timbul pertanyaan lagi.

Aplikasi dan layanan Google
Sebagai salah satu pengguna layanan Google seberapa penting privasi untukmu, apakah kamu memilih untuk tetap menjaga data datamu atau malah menukarnya dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh Google ? 
logoblog
Asdita Prasetya
Asdita Prasetya Updated at: 10/03/2017

19 komentar

  1. kok jadi merinding sendiri yak?
    Iya emang diakuin, google canggih banget sebagai salah satu mesin pencarian di dunia. Tapi pas disadari darimana kecanggihan itu berasal, jadi merinding.
    Emang sih, kita menyutujui segala T&C yang diajukan google, tapi kok rasanya kalau sampai detail berlebihan juga. Nyatanya di era simple present tense ini, g usah pake dukun, mesin elektronik pun bisa menerawang kita.
    Jadi inget beberapa waktu lalu, ada isu kalau raksasa2 seperti google dsb menjual datanya ke badan intelegen amerika. Yah semoga aja ini hoax, karena belum ada bukti kuat.

    BalasHapus
  2. Hm... data konsumen adalah hal yang mahal dan kita dengan mudahnya selama ini menukarnya karena 'kemalasan' kita. Hal-hal privasi dengan mudahnya bisa didapatkan karena kita yang dengan bangganya berteriak-teriak minta disuapi.

    Jadi, sebenarnya kecanggihan teknologi itu apa? Pencurian privasi dengan santun?

    BalasHapus
  3. Baru tau yg Google My Activity, baru denger juga. Waaaaaww... hebaaaaat. Barusan aku cek.. beneran...
    *ya iyalah bener.. masa boongan*
    *jitak*

    BalasHapus
  4. Waduh saya beneran juga ikut merinding saat tahu google tahu segalanya tentang aktivitas kita dalam menjelajahi dunia maya dan ternyata semua terekam dalam Google My Aktivity, eh saya juga baru google punya tool semcam itu. Trima kasih atas infonya hehe klu saya sih lebih memilih untuk untuk menjaga data privacy tanpa membagikannya dengan google, eh masalahnya smartphone yang sy kenakan juga semua appnya terhubung ke google. Hmm

    BalasHapus
  5. Sebenernya google perlu data kita sebagai acuan mereka untuk memperbaiki layanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh gitu yaa... terima kasih informasinya. Tetap semangat berbagi postingan yang bermanfaat bagi para pembaca hehe

      Hapus
  6. jleb, apa kalau jarang pake google maps dan jarang nyalain gps privasi kita masih cukup terjaga? emang gue menyadari klo jaman now ini bikin apa2 semua segala macem udah g ada rahasia2 lagi, but wow, mungkin gue harus lebih berhati2 dalam berinteraksi dengan mbah yang super tau semua hal ini. trus klo kita hapus my activity apa bener2 kehapus? kok gue g yakin ya, keknya pihak gugel punya backup dan bisa telusuri jejak rekamnya,mohon pencerahnnya(?)

    BalasHapus
  7. Aku kemaren pengen nonton kingsman,
    eh pas ce kdi Google ga taunya udah ga tayang lagi di bioskop kesayanganku huhu,
    pada saat itu aku membenci google tapi juga cinta karna aku 'jadi beralih nonton Penganbi setanyang seru abis ,, jadi makasih gogle

    google maps juga sering banget aku pake,
    pokoknya kaya seriiing banget.
    makasih banget dah ama GPS eta !

    BalasHapus
  8. Baru denger google my activity. Eh trus kepikiran, kalo kita ganti HP, walaupun udah ngehapus semua data, kata temenku data kita gaakan pernah bener2 ilang.
    Bener gak si?

    BalasHapus
  9. habis coba dua link diatas, ehhh beneran data kita langsung keluar hari ini juga. Wah-wah kok gini banget yah sampe hasil browsing aja ketauan. Canggih sih tapi ngeri juga soalnya semua data privasi kita bisa diliat

    BalasHapus
  10. Selama gak ada niat jahat gak apa-apa deh diawasi sama google.

    BalasHapus
  11. Google itu ibarat kiblat para blogger seo. Pembahasan ini juga pernah gue bahas, tapi lebih personal. Google masih kalah sama bokap gue~

    BalasHapus
  12. betull, sekarang google sangat tahu apapun yang kita cari.

    BalasHapus
  13. wah gue baru tahu kalau Google bisa juga melacak ke mana saja kita sampai tanggal dan waktunya. Ini jelas kereeeeeeeeeeeeeeennnn!! tapi kalau gue sih ngapain harus dihapus hapus orang bukan suatu rahasia atau apa, gue malah seneng kapan kapan bisa gue buka lagi dan gue cari tahu, sofar udah kemana aja yaaa....

    BalasHapus