Golongan Darah, Kepribadian. - Asdita Prasetya

Golongan Darah, Kepribadian.

Golongan Darah dan Kepribadian

Tadinya ada topik lain yang ingin aku bahas, tapi setelah melihat Timeline sosial media yang isinya tentang golongan darah berhubungan dengan sifat seorang yang di bagikan kembali oleh ribuan orang dan sepertinya mereka sangat percaya dengan hal yang mereka bagikan, kayaknya aku harus menyadarkannya bahwa yang mereka percaya tidak sepenuhnya benar, ada informasi lain yang lebih berguna untuk di bagikan kembali seperti ‘ kenaikan harga bakso yang mempengaruhi kondisi keuangan anak kost ‘.

Coba pikir,  jika semua orang percaya bahwa golongan darah berhubungan dengan sifat pasti akan lebih mudah untuk mendapatkan hati gebetan karena sudah tahu apa yang harus dilakukan berbekal golongan darah si gebetan,  jumlah jomblo akan berkurang drastis sehingga tidak ada lagi manusia berprofesi sebagai jomblo yang dihina dan dikucilkan dalam pergaulannya.

Bukan cuma itu, untuk seleksi masuk ke perusahaan nantinya tidak akan diperlukan test wawancara untuk menentukan kepribadian karena sudah ada kesepakatan bagaimana sifat seorang sesuai dengan golongan darah.

Untuk yang lebih parahnya mungkin orang – orang yang memiliki golongan darah sama akan membentuk komunitas atau sebuah kelompok yang memilik tujuan untuk menguasai seluruh aspek kehidupan didunia.

Yang terakhir kayaknya enggak deh sob.

Sifat golongan darah B

“ Golongan darah B paling suka kalau rumahnya nanti ada kolam renangnya dan halaman depannya luas. “

Ehhh gua bilanggin ya sedotan es jeruk,  semua orang juga mau kalau rumahnya ada kolam renang terus halaman depannya luas mau golongan darah A, B, C, D, E sampai Z, gua gausah jelasin kenapa mereka pada suka tipe rumah kayak begitu, kesel bet dah gua.


Golongan darah yang suka makan mie

“ Urutan golongan darah yang paling sering makan mie instan O, A, B, AB “

Ini nih yang bikin makin kesel, elu tahu dari mana kutil, intensitas orang makan mie instan di tentuin dari golongan darah, semua orang kalau jadi anak kost juga pasti sering makan mie instan ga peduli mau golongan darah apa.

Jadi gini teman – teman yang masih suka percaya bahwa golongan darah menentukan kepribadian.
Dulu, ketika aku masih duduk di bangku SMA waktu pelajaran Biologi dijelasin bahwa Seorang yang memiliki golongan darah AB dapat menerima transfusi darah dari semua golongan darah, setalah menerima transfusi darah apakah kepribadian orang bertipe darah AB akan berubah sesuai tipe darah yang ditransfusikan ? tentunya tidak.

Satu lagi, Sel darah merah merupakan penentu golongan darah, Sel darah merah tidak memilik inti sel yang menjadikannya tidak memilik DNA, sedangkan DNA yang membawa sifat manusia, nah bagaimana bisa sel darah merah mempengaruhi kepribadian seorang ?

Lalu kenapa penggolongan sifat berdasarkan golongan darah sesuai dengan yang kita lakukan ?

Kecocokan antara tindakan kita dengan penggolongan darah bisa juga disebut self-fulfilling prophecy artinya suatu yang kita perkirakan benar terjadi karena itu yang kita harapkan, 

Conformation bias

Lalu kenapa juga teman kita yang memiliki golongan darah sama punya sifat yang sama juga dengan kita ? hal ini disebut sebagai Confirmation bias yang artinya manusia selalu mencari info yang bisa mendukung keyakinannya ( bahasa gaulnya cocokologi ) 

Misalnya kita yakin bawa seorang yang memiliki golongan darah AB sangat tekun, lalu kita melihat saudara kita yang memiliki golongan darah AB selalu belajar dengan sungguh – sungguh, dengan itu kita semakin yakin bahwa orang yang memiliki golongan darah AB adalah orang yang punya kepribadian tekun.  Padahal sewaktu kita tidak melihatnya dia sangat suka malas malasan.

Meskipun konsep penggolongan sifat berdasarkan golongan darah sangat populer, tapi tidak dapat dipungkiri bahwa konsep itu hannyalah mitos
logoblog
Asdita Prasetya
Asdita Prasetya Updated at: 5/14/2017

9 komentar

  1. Iya semua orang mau taman rumahnya luas dan ada kolamnya.....wkwkwkwkw :v

    Menurutku cuma beberapa info yg menurutku akurat mengenai kepribadian orang mengenai golongan darah, B itu lebih suka ngobrol

    BalasHapus
  2. Wah iya dari dulu pengen banget gue maki tuh account golongan darah :)) Palingan juga informasinya berdasarkan mood doi aja.. Haha :D

    Salam, Jevon

    BalasHapus
  3. Sebenernya ada beberapa hal tentang kepribadian golongan darah tertentu yg gue percaya, tapi kalo dengernya dari akun begituan udah tau sih yang begitu tuh bullshit

    BalasHapus
  4. Gue adalah salah satu orang yang percaya kalau golongan darah itu mempengaruhi banyak sedikit sifat orang, kayak gue golongan darah A itu suka bersih bersih, terus gampang stress, dan berkemauan keras. Tapi bisa jadi juga itu karena sugesti. Tapi kalau sugestinya yang baik baik sih bagus ya kaaaan...dan gue lebih percaya sifat menururt golongn darah daripada watak menurut zodiak..tapi gue lebih percaya lagi sama Tuhan. Itu.

    BalasHapus
  5. Hahahaha cranky banget kayanya nih? Bagus! If youre not cranky then youre not funny.
    Kalo aja ngebahas sisi psikologinya lebih mendalam dan detail pasti lebih menarik nih. Tapi gini aja udah oke kok. Tinggal dibuat versi yang lebih bagus aja. Semangat!

    BalasHapus
  6. Terimakasih untuk infonya mas...
    Hahahhaa...

    Menurut gua sih, membeda-bedakan sifat cuma dari golongan darah ga terlalu akurat siih...
    karena goldar juga cuman ada 4..
    manusia itu terlalu kompleks buat dikelompokkan jadi empat aja..
    :D

    Banyak kok metode pengenalan diri kita dan orang lain yang lebih akurat dari pada goldar...
    :D

    coba cari di google "MBTI"

    BalasHapus