20 Things I Learned at 20 - Asdita Prasetya

20 Things I Learned at 20


Pengalaman adalah guru yang paling baik, ungkapan yang tidak asing ditelinga dari jaman belum bisa lari sampai bisa lari dari kenyataan, ungkapan yang masih sering aku denger, ketika dulu masih belum paham betul artinya tapi seiring bertambahnya usia perlahan aku mulai ngerti arti dari “ Pengalaman adalah Guru yang Paling Baik”.


Dikatakan guru terbaik karena tanpa disadari kita telah mengalaminya baik kejadian menyenangkan maupun kejadian yang menyedihkan, kejadian yang telah di alami kita jadikan sebagai peringatan dan motivasi yang berharga dalam menyikapi langkah perjalanan hidup berikutnya, wahh jadi serius banget ini bahasannya. Bambang ingin banget makan ayam goreng, nah dia beli di warung yang belum pernah dibeli sebelumnya ternyata setelah makan seketika perut bambang jadi mules, keesokan harinya bambang enggak mau makan di sana lagi. Bisa dikatakan bahwa Bambang telah belajar dari pengalamannya.

Di usia yang sudah berkepala 2 sebagai manusia normal tentu sudah tidak bisa dikatakan sebagai anak kecil yang setiap hari kerjaan nya bangun tidur dan tidur lagi, yaa sebagai orang dewasa baru aku punya pengalaman menjalani kehidupan di dunia ini,  walaupun pengalaman hidupku masih sedikit tapi setidaknya aku punya pengalaman, banyak kejadian yang sudah aku alami dan aku jadikan sebagai pelajaran bagaimana aku harus bersikap, sebenarnya nggak gampang menjadikan pengalaman sebagai guru contohnya aku sering banget ngulangin kesalahan yang sama. Butuh proses yang panjang menjadikan pengalaman sebagai guru. ”. 

Walaupun tidak banyak berikut adalah 20 hal yang aku pelajari di usia yang ke 20 :

    1. Jangan habiskan waktu untuk belajar dikelas
    2. Biasakan diri untuk melakukan semua hal sendiri
    3. Tidak semua orang di sekitar kita adalah orang baik
    4. Akan selalu ada orang yang enggak suka sama kita
    5. Sebagian orang akan memanfaatkan kebaikanmu
    6. Tidak ada patokan pasti antara benar dan salah
    7. Hasil berbanding lurus dengan usaha
    8. Uang tidak bisa membeli kebahagiaan
    9. Foto dapat mewakili 1000 kata
    10. Lakukan apapun yang kita suka
    11. Tidak semua orang berpikiran sama dengamu
    12. Eksistensi adalah hal paling penting
    13. Gunakan kekurangan sebagai kelebihan
    14. Be different
    15. Its okey not to be okey
    16. Money isn't everything, but everything need money
    17. Being alone is better than being accompanied
    18. People is always leave
    19. Membaca buku dapat meningkatkan imajinasi
    20. Menjadi dewasa adalah pilihan

Masih banyak yang belum aku pelajari di kehidupan ini, teruslah belajar agar menjadi manusia yang lebih bak, dan jangan habiskan waktu untuk belajar didalam kelas. 

Update versi video 

22 komentar

  1. Bener banget kalo kita harus belajar dari pengalaman. Kalo gak punya pengalaman berarti gak belajar dong hahahaha

    BalasHapus
  2. Pengalaman adalah guru terbaik, tapi bagiku pengalaman ini artinya luas, bukan sekadar pengalaman kita sendiri. Sebagai seorang manusia yang sama-sama diberikan jatah (hanya) 24 jam dalam sehari, terlalu banyak pengalaman yang harus kita lalui agar benar-benar memaknai kehidupan. Akibatnya, ketika sudah renta mungkin kita baru bisa tau untuk apa sebenarnya kita hidup. Agar kita bisa lebih cepat memaknainya, menurutku belajar dari pengalaman orang lain juga penting. Karena bisa jadi ada hal yang ingin kita lakukan tapi pernah dilakukan yang lain ternyata hasilnya tidak baik. Misalnya teman Bambang pernah makan ayam goreng di suatu warung makan, besoknya dia sakit. Karena bambang tau hal tersebut, dia tidak akan makan ayam goreng di situ. Walaupun belum pernah makan di situ, dengan melihat pengalaman temannya, dia tidak perlu 'belajar' dari pengalamannya.

    BalasHapus
  3. experience is the best teacher, kata kata paling sering dilihat oleh para murid, terutama pengguna buku SIDU.....ehehehe

    saat ini aku selalu percaya pada bebrapa 20 hal diatas, terutama poin 4. orang yg membenci kita selalu menganggap perbuatan kita buruk sekalipun kita berbuat baik. selalu berhati hati di dunia karena kata bapakku dunia ini kejam, banyak yg kita percaya ternyata berhianat, contoh sahabatku T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa dengan sahabatmu ? mungkin ad alasan tersendiri

      Hapus
    2. Uang membutakan. Uang penyebabnya

      Hapus
  4. Mungkin ditambah satu lagi. Fokus untuk diri sendiri, jgn terlalu pikirin perkataan org lain. Jadi dewasa itu gak mudah, karena dewasa bukan soal umur, tapi lebih ke sikap dan cara pikir. Pengalaman memang guru yang terbaik. Itu masih aku yakini.

    BalasHapus
  5. Seuju, bagiku kado terindah itu pengalaman. Dari ke 20 pengalaman diatas, aku coba baca perlahan dan mempelajarinya juga :)

    BalasHapus
  6. Bagus. Teruslah belajar dari pengalaman. Saya cukup yakin bukan cuma 20 yang bisa dituliskan di sini sebenarnya.

    Oiya, HBD!

    BalasHapus
  7. Bener banget
    pengalaman adalah guru terbaik..
    Banyak hal yang bisa dipelajari sejalan dengan waktu, sesuatu yang ga bisa di dapetin dr kursi sekolahan..
    :D

    Anyway..
    Jadi dewasa memang pilihan..
    Tapi, menikmati hidup juga harus jadi pilihan...

    BalasHapus
  8. hampir sama waktu aku memasuki umur 20, aku juga baru menemukan apa arti jadi orang dewasa, mau gka mau kita harus menjadi dewasa, karena masa kanak-kanak sudah selesai.

    terkadang apa yang menurut kita baik belum tentu baik di mata orang, itulah yang aku rasakan semenjak umur 20, banyak pilihan hidup yang harus aku tentukan dan meyakinkan pada semua orang bahwa pilihanku bener.

    Show must go on bro.

    BalasHapus
  9. Kok aku jadi pengin bikin beginian hahhahaa
    Btw 20 hal itu bener banget, apa yg kamu tulis jg aku rasakan, Harus punya eksistensi dan menjadi orang yg berbeda (unik) itu harus

    BalasHapus
  10. Komen lagi yaaa
    "Akan selalu ada orang yang enggak suka sama kita" ini iya banget, karena yah ga ada yg sempurna pasti ada yg gak suka

    BalasHapus
  11. sip, sebagai mahasiswa yang baru aja umur 19, gue cate pelajaran-pelajaran hidup yang sudah dikau pelajari. Usia 20 memang bisa menjadi tolak ukur kehidupan seseorang, udah kepala 2 sih yak.

    BalasHapus
  12. semua 20 hal diatas bener banget. apalagi point 10, 11, 16, ini point-point yang menurutku sering melintas di kehidupan sehari-hari.

    BalasHapus
  13. Semuanya masuk.
    Tapi,terkadang apa yg kita sudah ketahui seperti yg lu sebutkan diatas, masih sering lupa untuj d praktekkan.
    Sbnernya, smua org itu baik, gmna cara kitanya aja untuk bisa terhubung dgan dia. Dan bukan krena itu juga, diri kita malas untuk berbuat baik. Klo kata guru gue sih, jgan cape jdi org baik. Dan yaaa, emang jdi org yg sllu baik, trlebih ke org yg kita ga suka mah ga gampang juga. Tapi hadiahnya kan brupa surga, klo gampang ya paling kipas angin.

    BalasHapus
  14. Nomor 10 setuju banget. Kayaknya apa aja yang dilakukan tanpa hati yang senang, jadinya hambar walaupun pekerjaan itu sudah selesai.

    BalasHapus
  15. Kamu baru usia 20, tapi sudah memahami sekian banyak kenyataan pahit di dunia ini, baguslah. Inget, apapun yang kita lakukan, kita tidak akan bisa memuaskan semua orang. Pasti akan selalu ada orang yang gak puas atau gak suka sama kita.

    Dan yang terakhir, mau nambahin satu poin, saran buat kamu di usia 20 tahun ini :
    Banyak-banyaklah melihat dunia luar, perluas wawasanmu, buka pikiranmu, hindari prasangka. The world is a book and those who do not travel, read only a page.

    BalasHapus
  16. jika lo hidup lebih lama lagi pernyataan itu akan bernada relatif semuanya dan pada akhirnya hanya satu kebenaran dan kepastian yang ada di dunia ini, dan ahanya ada satu yang bisa lo andalkan di dunia ini..

    BalasHapus
  17. Semakin bertambah umur seseorang, maka bertambah juga pengalaman hidup entah itu manis ataupun pahit,yang terpenting bagaimana seseorang tersebut menyikapi kehidupan yang terus mengalami kemajuan saat ini.

    BalasHapus
  18. Ntap banget tulisannya. Yah, dengan bertamnahnya usia semakin banyak hal yang harusnya memang kita pelajari. Mau gak mau ya pastinya kita akan sperti itu demi masa depan yang lebih baik lagi.

    BalasHapus