Ultimate Guide Mengamankan Akun Sosial Media - Asdita Prasetya

Ultimate Guide Mengamankan Akun Sosial Media

mengamankan akun sosial media

Sosial media menurut gue udah jadi kebutuhan pokok bagi kebanyakan orang, dahulu kebutuhan pokok cuma sandang, pangan, papan. Sekarang bertambah satu yaitu kuota, Lah kok kuota ? ya kalau mau akses sosial media kan butuh kuota, parahnya lagi tolak ukur eksistensi seorang di kehidupan sosialnya ditentukan dari berapa banyak followers semakin banyak maka makin tingi pula eksistensi seorang. Ada pula yang memanfaatkan sosial media sebagai wadah untuk jual beli dan promosi produk.

Instagram raditya dika
Raditya Dika Followenya bejibun

Karena sosial media udah jadi salah satu hal yang penting maka tidak menutup kemungkinan ada orang jahat yang ingin meretas akun sosial media kita untuk kepentingan dia sendiri, misalnya menebar kebencian, melakukan penipuan atas nama sang pemilik akun, bisa – bisa pemilik akunlah yang terkena imbas dari perbuatan peretas, atau bisa juga si peretas meminta tebusan kepada sang pemilik akun untuk membebaskan akunnya.

Kebanyakan dari kita kurang memiliki perhatian khusus dalam pengamanan akun sosial media, hal ini dapat mempermudah peretas untuk masuk ke akun kita dan melakukan perbuatan jahatnya.
Untuk mengamankan akun kita harus tahu pola bagaimana peretas masuk ke akun orang lain, 
menurut gue peretas dapat masuk ke akun korban dengan berbagai cara diantaranya adalah.

Menggunakan data pribadi untuk melakukan peretasan, data pribadi kita bisa menjadi senjata yang paling ampuh bagi peretas untuk menjalankan aksinya, data pribadi dapat berupa tanggal lahir, makanan kesukaan, hewan peliharaan, alamat rumah dan masih banyak lagi, hal ini terjadi jika kita menggunakan data pribadi sebagai kata sandi akun. memang data pribadi akan lebih mudah untuk diingat jika digunakan sebagai kata sandi tapi juga paling mudah untuk diretas.

Cara mengamankannya adalah buat kata sandi yang tidak ada hubungannya dengan data pribadi kita atau jangan tampilkan data pribadi dalam profil dan buat kata sandi serumit mungkin tapi tetap mudah diingat.

Contoh

4kUm4s1Hs4SAYNG5TAN (Very Nice)
j0mbl0!!! (Nice)
aqGANT3NG (Nice)
1234 (Bad)

Mengirim email palsu seolah email yang dikirim oleh peretas adalah email dari pihak yang berwenang isi emailnya pun cukup meyakinkan bagi orang yang malas membaca dan kurang teliti bisa saja langsung percaya isi email yang dia dapat, di dalamnya terdapat link yang jika di klik akan menuju halaman login yang meminta untuk memasukkan username dan kata sandi. Tapi jika di perhatian alamat URL tidak sesuai dengan aslinya.

Instagram fake email
Email palsu dari intagram
Sumber gambar : http://blog.wolfmillionaire.com/top-instagram-scams/

Solusinya jika mendapat email maka telitilah terlebih dahulu, lihat siapa yang mengirim dan apa yang diminta oleh pengirim email.

Selain itu cara untuk mencegah peretas masuk ke akun kita adalah dengan mengaktifkan 2-Step Verification pada alamat email. Jika menggunakan GMail kita bisa mengaktifkannya melalui halaman Google 2 Step Verification

Google 2 Step Verification Home Page
Google 2 Step Verification Home Page

Setalah masuk pilih aktifkan lalu tambahkan nomor HP jika benar maka tunggu sesaat Google akan mengirim kode untuk verifikasi.

langkah 2-Step Verification
Masukkan nomor telefon

Jika berhasil diaktifkan maka setiap kalian login Google akan memberikan kode ke nomor telefon untuk verifikasi apakah benar yang melakukan login adalah sayang pemilik akun.

2-Step Verification berhasil
Setelah berhasil diaktifkan

Setelah semua hal yang kita lakukan untuk mengamankan akun bukan berarti akun aman 100% peretas selalu saja memiliki cara baru untuk masuk ke akun kita. hal yang bisa kita lakukan adalah selalu waspada dan selalu berbuat baik kepada semua orang agar kebaikan pula yang kita dapatkan.
logoblog
Asdita Prasetya
Asdita Prasetya Updated at: 3/14/2017

28 komentar

  1. info yang sangat membantu...sekarang memang harus extra protektif terhadap apapun di sekeliling terutama sosmed.

    BalasHapus
  2. Menjaga password sosmed emang penting banget,.
    dulu aku pernahy uring-uringan gara-rgara salah ngeklik link alhasil sosmed aku ke Hack.
    untung emailnya belum di ganti hacker jadi bisa langsung aku pulihkan.

    intinya sih jangan sampe lupa password email.
    karna email itu jantung dari semua sosmed

    BalasHapus
  3. Gue pernah dapat email fiktif. Kebanyakan dari luar negeri.

    Ada yang bilang dia orang kaya yang divonis dokter umurnya gak lama, dan ngeliat gue di internet, terus dia mau memberikan sebagian hartanya untuk gue, cuma mengirimkan data pribadi terus no rekening. Pernah juga dapat email dari goole reward, karena merasa gak ada kontribusi untuk google, jadinya disingkirkan email begitu.

    Kalo mau buat password, jangan terlalu dekat sama pribadi. Karena itu gampang diretas.

    BalasHapus
  4. Memang tingkat keamanan dalam akun penting banget. Sayangnya beberapa pengguna masih belum mengerti dengan cara-cara dalam mengamankan akun. Misalnya saja kedua orangtuaku. Rata-rata emailnya bisa aku jebol buat ganti passwordnya, karena memang rentan, Terutama gmail tuh. Alhasil aku pakai deh cara yang diatas.

    Tingkat keamanan paling kongkrit menurutku itu, nomor hp. Karena kalau ditembus, langsung kedetect ke hp kita. Jadi, kita bisa sigap buat ganti balik passwordnya

    BalasHapus
  5. Biasa sih bukannya diretas tapi lupa password, hahaha. Pernah sih kehilangan data, karena email diretas (sok keren), tapi alhamdulillah bisa diatasi sama mbah gugel.

    Makasih ya infonya. Bisa jadi rekomendasi buat yang sudah populer dengan banyak akun sosmed dan foloowernya :V

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daftarin nomor HPnya jadi kalau lupa password bisa di reset via nomor HP

      Hapus
  6. useful info nih, bagi sesiapa yang kemungkinan akunnya dibajak sama orang lain. Tapi kayaknya kalau punya gue mah nggak bakal ada yang niat bajak kali ya, siapa gue ini. hahaha

    BalasHapus
  7. SETUJUUUUU. Sosial media emang harus bener-bener diperhatiin kerahasiannya berhubung sekarang banyak banget penipuan2 mengatasnamakan itu. Malah pernah ada selebgram yang cerita, kalau sempet dapet email miriiip banget kaya yang dikirim instagram juga, semacam laporan kalo akunnya mau diretas. Begitu diklik, eh ig-nya malah langsung ke hacked. Duh.

    Btw, aku juga udah nyobain 2-step verification di hape nih. Bermanfaat dan kerasa aman gitu. Sayangnya kadang2 suka zonk gitu kalo misalnya ke warnet mau ngeprint via dokumen di email, eh ternyata kelupaan bawa hape T^T

    BalasHapus
  8. sama satu lagi,,, jangan pakai Wifi di tempat publik,,, bisa saja pencurian data lewat sana :)

    BalasHapus
  9. Setuju, sosmed emang perlu di perhatikan, teutama password, dulu aku pernah ngalamin kena hack, untuk bersil aku ambil lagi dan ganti password rumit tp mudah di ingat, di padukan dari angka dan huruf.. Dulu passwordku sering sekali nama, meskipn jarang ada yang tahu, tp mudah diretas.. Semoga tulisan ini membantu bagi yang lainnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat password se alay mungkin demi keamanan lebih

      Hapus
  10. Wah, ternyata ada cara tambahan ya biar akun kita lebih lama. Aku baru tau ada cara 2-Step Verification, dengan ini walaupun peretas tau password kita (tapi jangan sampai), kita tetap dapat aman dalam memakai email tersebut karena ada satu lapis pengaman lagi supaya bisa masuk ke email kita. Ntaps deh. Terima kasih ya ilmunya :D

    BalasHapus
  11. Kalau bisa juga sih dalam jangka waktu beberapa bulan usahakan ganti password..
    Sekarang penggunaan social media emang lagi gila2an ya.. Sampai2 penipuan bisa dilakukan lewat social media..
    Musti lebih berhati-hati aja.. Nice info buat temen2 lainnya.. ☺

    BalasHapus
  12. Bisa bahayaa kalau akun kita di hack orang yang gak bertanggung jawab.
    kita harus pandai-pandai menganalisa email yang masuk itu dari hacker apa gak ya?

    Btw, aku baru tahu kalau ada pengamanan kayak gini, harus lebih waspada nih.

    Terkadang bikin password yang tujuannya mudah kita ingat, tapi tingkat keamanannya lemah hmmmb, masak bikin password pakai bahasa alay huruf campur angka hehehe.

    BalasHapus
  13. catet dulu deh ini. info penting.

    sama kalo bisa setiap sosmed passnya harus beda2 biar ga bisa ditrack semua linked sosmednya. tp nambah persoalan baru, kebanyakan pass jadi kebanyakan make fitur forgot passwoord . Dah itu. haha

    BalasHapus
  14. Jaman sekarang yg namanya penjahat tuh ga cuma mencopet dan menjambret di jalan, tapi juga berkeliaran di dunia maya ya. Makanya, sering-seringlah ganti password socmed dan pasang aneka cara verifikasi. Yg jadi masalah adalah...kadang2 saking kebanyakan socmednya, kita jadi lupa passwordnya hahaha.

    BalasHapus
  15. Yang paling awal itu amankan nomor hp di sosmed, soalnya nanti bakal banyak sms penipuan yg gajenya minta ampun!! Hahahaha. Gue kalo urusan keamanan sosmed itu nomor satu, soalnya sebagian besar hidup gue udah diisi sama sosmed sih

    BalasHapus
  16. Google 2 step ini berguna banget loh, kadang ada yang mencoba login ke email kita, terus kita ada pemberitahuannya gitu. Tapi password al4y nggak gitu juga sih, kalo kelupaan beneran bisa berabe. Hahaha.... Asal bisa inget atau nyimpen password kita dengan bener silakan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau aku buat catatan khusus untuk password, dicatat dibuku jadi kalau lupa bisa baca catatan itu sebagai penolong

      Hapus
  17. saya juga sudah terapkan cari ini, ya mudah2n akunnya aman dari para penculik digital hehehe kayaknya saya baru pertama kesini, salam kenal yaa

    BalasHapus
  18. verifikasi google emang udah cara terbaik sih buat mengamankan sosmed. semua sosmed gue emailnya gue verifikasi number, mau dari gmail langsung atau mau instagram langsung. karena menurut gue itu SANGAT penting..

    BalasHapus
  19. kalau saya sudah memakai verifikasi dua langkah, emang ribet sih tapi untuk keamanan rasanya itu perlu banget. satu lagi kayaknya semua medsos sudah memakai keeamanan kayak gini, contoh saja facebook, whatsapp, instgram udah punya juga.

    BalasHapus
  20. Ah, klo followers bang radit di ig mah cupu. Masih banyak artis indonesia yg lebih gede. Haha
    Klo twitter lah, gue yakin dia bejibun. :D

    Nah, cara2 lo itu emang paling ajib sih. Gue juga melakukannya. Ya walaupun punya followers dikit tapi ya lumayan lah. Jangan lupa, pake verifikasi nomor hp juga. Wajib tuh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar2 gw juga punya follower dikitt

      Hapus
  21. O_O bahaya juga yah kalo gak teliti baca email. Serem ih.. nanti akunnya bisa digunakan utk hal yg jahat-jahat...

    BalasHapus
  22. kebanyakan lebih 80% kadang hanya sekedar di gunakan sebagai wadah ujicoba bagi hacker pemula untuk main2 saja contoh banyak orang yang mengaku akun mereka di bajak tapi kita sama sekali tidak melihat ada yang janggal atau ada yang tidak beres dengan orang ini biasa itu di pake login trus log out tanpa merubah passnya dulu

    BalasHapus