Hilang Ingatan ? - Asdita Prasetya

Hilang Ingatan ?

Hilang ingatan ?

Layaknya memori pada komuter otak manusia dapat menyimpan banyak data yang terekam melalui pancaindra, baik data mengenai kejadian yang menyenangkan, menyedihkan atau bahkan yang biasa saja, otak juga bisa menghapus data yang menurutnya perlu dilupakan baik dengan kendali manusia atau tidak.


kapasitas otak manusia jika dibandingkan dengan kapasitas memori yang ada dalam komputer maka belum ada memori komputer yang mampu menandingi kapasitas otak manusia. Menurut penelitian Paul Reber, seorang profesor psikologi di Northwestern University mengungkapkan kapasitas penyimpanan otak manusia setara dengan 2,5 petabyte atau 1,5 juta gigabyte yang artinya dapat menyimpan video digital dengan durasi 3 juta jam dengan kualitas super HD. Jadi seharusnya otak manusia dapat menyimpan data yang lebih banyak daripada data yang tersimpan di komputer. 

Tetapi manusia memiliki keterbatasan dalam mengingat karena manusia adalah tempatnya lupa dan kesalahan, sebagai manusia yang memiliki daya ingat yang biasa saja aku sering mengalami lupa, yang paling sering kelupaan adalah lupa kalau sudah lama menjomblo  banyak sebenarnya sampai aku sendiri lupa apa yang sering kelupaan, serius ini enggak ada maksud buat melawak sedikit pun, hehehe.

anak alay banget
Anak alay
Banyak hal yang seharusnya tidak aku lupakan tapi aku sendiri malahan susah untuk mengingatnya, sepertinya ini disebabkan karena kurang minum Aqua dan tidak fokus, beberapa hal yang hilang dari ingatanku adalah kejadian sekitar 4,5 tahun lalu zaman masih menjadi anak alay, tepatnya ketika masih duduk dibangku SMP, banyak yang hilang dari ingatanku tentang menjalani hari demi hari sebagai anak alay.

Untuk mengembalikan ingatan banyak hal yang sudah aku lakukan diantara-Nya melihat kembali foto kenangan, meminta teman lama untuk bercerita kembali dan pergi ke TKP kejadian itu berlangsung dan masih banyak lagi, tapi aku masih belum bisa mengingat secara utuh, seandainya saja mesin waktu benar ada pasti aku sudah pakai untuk kembali ke masa lalu dan melihat apa yang sebenarnya terjadi.

Kejadian yang kita anggap biasa saja ketika kita melakukannya sekarang bisa saja menjadi kejadian yang paling menyenangkan ketika kita mengingatnya dimasa depan, itulah yang disebut sebagai kenangan.

kenangan yang hilang
Foto mantan
Bagiku ingatan tentang masa lalu merupakan ingatan yang penting karena ingatan itu bisa menjadi obat tersendiri ketika sedang dalam keadaan yang tidak baik, dengan mengingat kembali kejadian yang telah berlalu tanpa sadar akan menghibur diri sendiri, tentunya dengan memutar ingatan tentang kejadian yang menyenangkan, bukan ingatan kejadian yang tidak menyenangkan.  
logoblog
Asdita Prasetya
Asdita Prasetya Updated at: 2/27/2017

26 komentar

  1. Wahhh......spechless baca ini. Jadi pada dasarnya manusia itu memiliki kapasitas memori yg besar. Namun memiliki kemampuan yg terbatas.

    Jadi alangkah baiknya kita menyimpan benda berharga seperti foto, video masa lalu kita untuk dijadikan kenangan.

    BalasHapus
  2. iya, menurut gue uga ingatan itu penting banget Dit. Makanya gue bikin blog salah satunya adalah untuk merayakan tiap tiap kejadian masa lalu yang disebut dengan kenangan. Karena dari kenangan itu gue bisa menghargai hidup, betapa hidup menyimpan banyak memori indah dan getir yang masing masing menyimpan pelajaran hidup sendiri sendiri.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Di zaman sekarang ini untuk foto sendiri bisa kita abadikan di media sosial. Di save google drive misalnya. Untuk cerita bisa diceritakan lewat blog seperti ini. Ketika sudah beberapa tahun atau bahkan berkeluarga kita bisa baca kembali..

    BalasHapus
  5. Wah, hilang ingatan? amnesia dong?. Anyway, gue setuju banget deh sama lu bahwa ingatan tentang masa lalu itu penting. Penting banget, dan karena itulah gue jadi blogger dan hobi motret.

    Etapi, kenangan mantan dan kawan-kawannya itu termasuk penting gak sih? ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantan kayaknya penting deh, coba bayangin kenangan bersama mantan

      Hapus
  6. Asik dah ngomongin kenangan, hehe
    Memutar ingatan masa lalu memang punya keasyikan sendiri, apalagi kalau itu adalah ingatan yg menyenangkan :)

    Meski mungkin ada jg ada kenangan buruk, tp itu bs dijadikan sebuah pelajaran kan yah, hehe

    BalasHapus
  7. Terkadang kenangan bisa membuat bahagia, bisa juga membuat hati tersakiti, tergantung apa kenangannya. Padahal kenangan itu hanyalah hal yg sudah berlalu, tapi dampaknya besar juga. Yang paling penting dari kenangan itu, harus dijadikan pelajaran supaya lebih baik lagi. Kalo kenangannya hilang? Ya gak bisa belajar dong hehehe

    BalasHapus
  8. Ingatan buruk masa lalu malah bukanya jadi obat adanya malah makin memperkeruh suasana hati, misalnya ya itu ingatan tentang mantan terindah :l

    BalasHapus
    Balasan
    1. bilangnya kenangan buruk, tapi kok mantan terindah :))

      Hapus
  9. Baru tahu tentang fakta otak manusia ini. Ternyata kita keren juga ya. Tapi ya itu tadi, meski kit dianugerahi otak yang super kayak gitu tetap aja kita gak bisa banyak mengingat alias sering lupa.

    BalasHapus
  10. Sejak kuliah aku ngerasa motret dan nulis itu penting. Karena dengan motret jadi ada foto yang bisa dijadikan kenangan, dan dengan menulis kita bisa tau kronologi pada hari cerita itu di tulis. Memori manusia memang besar, tapi ingatan manusia hanya mengingat yang sangat menyentuh hati.

    Aku bisa lupa tugas dari kampus seminggu yang lalu, tapi ingat kejadian memalukan 12 tahun yang lalu.

    BalasHapus
  11. Tapi... nasi bingung menghapus memori di otak yang gak pengen inget2 lagi itu gimana caranya. Semakin pengen di hapus, malah semakin inget. Hehe

    Setuju sama lo sih, kadang kejadian recehan jaman dulu malahan yang bikin kita bahagia pas sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada tombol reset di belakang kepala manusia, coba aja cari.

      Hapus
  12. Aku kalo inget kenangan masa lalu tapi di bagian yang indah-indah rasanya mau balik aja ke masa itu.
    tapi kalo lagi ingetin masa lalu pas aku sedih, kecewa, hampir mati aku bisa galau ga ketulungan.
    tapi tetep sih cirita kelam masa lalu harus dijadikan pelajaran,

    BalasHapus
  13. wah, makasih loh info edukatifnya tentang otak manusia. Baru tau tentang durasi video 3 juta kualitas HD yang bisa ditampung kalau di analogikan. Ingatan masa lalu emang bisa dijadikan obat tersendiri sih,apalagi kalau lagi rindu. Tapi kadang, ingatan masa lalu bisa menjadi blunder yang membuat kita justru gagal move on

    BalasHapus
  14. Yan bilang disimpan di blog setujuuuu banget. kadang aku sengaja cerita di blog, karena suatu saat nanti pasti aku bakal buka2 blogku lagi dan baca postinganku sendiri. Kadang geli, tapiii seru.
    Btw, aku kira memori komputer bakal lebih bagus daripada memori otak. Abis buat inget2 apa yg mau kutanyakan sama orang aja lupa wkwk

    BalasHapus
  15. tadi pas baca kalimat yang bilang, kalau belum ada memori yang mampu menandingi memori otak manusia, aku pengen jawab : "percuma aja kapasitas memorinya gede, tapi pas data yang dibutuhin dicari, malah nggak ketemu", maksudku lupa, dan nggak bisa inget. apalagi kalau masalah pelajawan. wqwq

    aku termasuk orang yang suka mengenang masa lalu. makanya, di blogku lebih dominan cerita masa-masa kecil daripada masa sekarang.

    BalasHapus
  16. Aku salah satu orang yang suka mengingat masa lalu, tapi kebanyakan yg jelek2 hiks
    tapi ingatan itu bisa memberi motivasi sendiri utk berubah lebih baik sih. Biar nggak kejerumus sama hal2 yg jelek. M

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebanyakan pada bilang disimpan dilog yahh :D

      Hapus
  17. alhamdulillah gue termasuk orang yang inget soal masa lalu, bahkan sampe masa TK gue juga masih inget, tapi kadang kesel juga sih, kejadian yang gak penting dan bikin nyesek/sakit hati malah keinget mulu :')

    BalasHapus
  18. Baru tau ada yg namanya petabyte, hihi.. btw ttg mantan boleh juga ya disimpen dikit.... :p

    BalasHapus