Bahaya dari Cyberbullying - Asdita Prasetya

Bahaya dari Cyberbullying


Bullying atau penindasan adalah tindakan mengintimidasi seorang dengan mengunakan ancaman, paksaan dan kekerasan yang dilakukan secera berulang, tindakan ini dapat melalui berbagai media dan siapapun.


Dahulu untuk melakukan bullying pelaku melakukan tatap muka untuk mengintimidasi korban, dengan melakukan pelecahan secara lisan, ancaman, kekerasan fisik.

Namun seiring munculnya berbagai macam media yang menggubah cara manusia dalam berinteraksi dan berkomunikasi dalam tingkat individu maupun kelompok bullying dapat dilakukan seorang tanpa bertatap muka dengan korban. Istilah ini dinamakan Cyberbullying
Akibat cyberbullying
Akibat cyberbullying 
Tindakan menggunakan kekuatan, kekuasaan untuk menyakiti seorang maupun kelompok, sehingga korban merasa tertekan, trauma, tidak berdaya dan tindakannya berualang dengan menggunakan perantara. dikategorikan cyberbullying jika pelaku dan korban masih dibawah 18 tahun, jika salah satu pihak biasanya pelaku berusia lebih dari 18 tahun maka dikategorikan sebagai cyber crime atau cyber harassment.

Banyak kegiatan yang termasuk Cyberbullying diantaranya adalah mengunggah foto yang digunakan untuk mempermalukan seorang, membuat group haters di social media, menyebar aib seorang dan mengancam melalui email atau telepon seluler dan yang paling sering dilakukan adalah menulis komentar negatif pada postingan seorang di social media.

Cyberbullying memiliki dampak yang luar biasa terhadap remaja dan anak yang masih labil berkaitan dengan psikologi, korban bullying bukan tidak mungkin akan menjadi pelaku bullying pada masa depan jika tidak diawasi, Mereka beranggapan bahwa aksi bullying di social media merupakan tindakan yang normal, ditambah korban bullying yang cenderung memiliki dendam yang akan dilampiaskan ke orang lain.

Sedih karena cyberbullying

Kasus cyberbullying pernah dialami oleh seorang remaja berusia 16 tahun, seorang memasang gambar yang kurang sopan pada akun media sosial miliknya, remaja tersebut dibully oleh teman social medianya yang sebagian besar adalah teman sekolahnya. bullying yang terjadi di dunia maya akhirnya terbawa hingga ke dunia nyata. karena aksi bullying yang terus menerus dialaminya korban akhirnya bunuh diri. Diduga hal tersebut dilakukannya lantaran depresi.

Mari gunakan internet sebagai perantara untuk berbagi kebaikan dengan sesama.

2 komentar

  1. Sebenernya buat apa sih ngelakuin cyberbullying terhadap orang lain? Lebih banyak dampak buruknya, bukan? Kan internet lebih baik digunakan untuk mencari relasi yang kedepannya siapa tahu bisa membantu kita di dunia kerja.

    kebanyakan pelaku yang melakukan cyberbullying dilandasi pada tujuannya yang hanya untuk memenuhi kesenangan pribadi. Kan seneng-seneng banyak caranya, cari cara yang positif kali ya biar orang lain ikut bahagia juga, iya enggak min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. rasa benci yang berebihan membuat seorang jadi buta dan inggin menjatuhkan orang lain. Itulah yang terjadi di media sosial saat ini,

      Hapus