Bagaimana Google Maps Mengetahui Kondisi Lalu Lintas - Asdita Prasetya

Bagaimana Google Maps Mengetahui Kondisi Lalu Lintas

#GEEKUPDATE : Bagaimana Google Maps Mengetahui Kondisi Lalu Lintas

Ahirnya bisa bernafas lega setelah menyelesaikan semua soal UAS yang tidak perlu ditanyakan lagi bagaimana tingkat kesulitannya, yang artinya liburan telah tiba dan aku bisa pulang ke rumah setalah lebih dari sebulan nggak pulang, semoga saja kamar kost baik – baik saja kutinggal beberapa bulan ini untuk pulang ke rumah, aamiin.



Karena liburan yang cukup lama aku kepikiran untuk ngebuat segmen baru di blog, namanya #GeekUpdate segmen ini membahas mengenai teknologi informasi yang sering kita gunakan sehari – hari bagaimana cara kerjanya, siapa pembuatnya dan masih banyak lagi, bukan cuma itu di segmen ini nantinya juga akan memberikan informasi mengenai Tips dan Trick agar bisa memanfaatkan teknologi dengan lebih maksimal.

Bicara tentang liburan semua orang punya cara untuk melaluinya mulai dari hanya diam di rumah, balikan sama mantan, sampai mengunjungi tempat baru yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.
ketika pergi ke tempat baru pastinya kita butuh peta supaya kita bisa sampai ke tempat yang dituju dengan benar, seiring perkembangan jaman peta konvensional yang segede gaban sudah mulai tergantikan oleh peta yang berbasis digital yang dapat disimpan dalam memori telefon yang dapat kita akses hanya dengan sentuhan jari,  salah satunya aplikasi yang paling banyak digunakan adalah Google Maps.

Salah satu fitur yang paling bermanfaat adalah Google Maps mampu mendeteksi apakah jalur yang akan kita lewati sedang macet, padat, atau lancar dengan menunjukkan warna merah pekat sebagai pertanda macet, merah pertanda jalanan padat dan kuning sebagai pertanda jalanan lancar.

Lalu bagaimana cara Google Maps mengetahui kondisi jalanan secara realtime ? apa mereka punya agen rahasia yang tersebar di seluruh dunia untuk melaporkan kondisi jalan, atau mereka secara diam – diam menyadap ponsel kita supaya tahu kondisi jalan yang akan kita lewati ? eitt jangan terlalu insecure.

Google Maps mengetahui kondisi lalulintas jalanan yang akan kita lewati dengan memalui berbagai tahap diantarinya adalah

Google maps
Cara Google Maps mengetahui kondisi lalu lintas

Pertama
, Ketika kita membuka aplikasi Google Maps dan menghidupkan GPS, ponsel akan mengirim data ke server berupa lokasi, tujuan, kecepatan, dll.

Kedua, Ketika data ada di server Google data dari seluruh pengguna Google Maps akan diolah oleh Algoritma yang mendeteksi kecepatan dari setiap user lalu dibandingjan dengan data lalulintas tentang kecepetan suatu jalan yang dimiliki oleh Google, jika kecepatan rata – rata user melebihi batas minimal maka Algoritma menghasilkan keputusan bahwa lalu lintas jalan normal, jika sebaliknya maka menghasilkan keputusan bahwa lalu lintas jalan sedang padat, lalu informasi dikirimkan ke kita melalui aplikasi.

Untuk penjelasan lebih lengkap kalian bisa membacanya dari halaman resmi Google, jadi telah kita ketahui bahwa Google mengetahui lalulintas secara realtime dari data yang kita kirim ke server mereka.

Menurut kalian adakah dampak negatif yang timbul ketika aplikasi mengirim data lokasi, tujuan dan kecepatan ke server penyedia layanan ?

logoblog
Asdita Prasetya
Asdita Prasetya Updated at: 1/19/2017

24 komentar

  1. Endingnya bikin bingung. 'Menurut adakah' maksudnya gimana? 'menurut kalian adakah' mungkin begitu yaa

    Karena kemudahan Google Maps, gue jadi ragu seandainya gue tersesat di kota, lalu smartphone mati, gue gak bisa baca peta manual. Untuk dampak negatif pasti ada, semisal data yang tersimpan di server disalahgunakan pihak lain untuk melacak, lalu menculik.

    Mirip di film action gitu. Lacak pake GPS lalu culik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya yang kumangsud begitu, sekarang udah di update kok.

      emang kemampuan kita membaca peta konvensional jadi berkurang gara2 make peta digital

      Hapus
  2. Iya setuju sama Wahyu, tapi apa iya? Maksudnya, Google pastikan punya sistem keamanan tinggi, jadi hacker sulit masuk.. Entahlah..

    Tapi G.Maps ngebantu banget, aku baru tau sih informasi ini. Keren banget dan canggih cara kerjanya.. Tapi bisa saja kadang GPS tidak akurat (apa karena Handphone?).

    Thanks #GeekUpdate nya (:

    BalasHapus
  3. Menurutku sih kalau pakau GPS membantu juga, tapi kadang kurang akurat sih.

    Kalau dampak negatif ada juga kalau kita mengirim lokasi, maka lokasi kita akan mudah dilcak oleh orang lain.

    BalasHapus
  4. berarti bila kita tidak mengaktifkan GPS, google juga tidak bisa memantau arus lalu lintas donk. Karena dia tidak memiliki data yang bisa diolah.

    Untuk kearutan GPS memang masih belum tepat, paling hanya beberapa meter. tetapi bila dipikirkan lebih jaug, antara satelit dan kondisi kita dilapangan itu luar biasa. Aku malah bertanya-tanya bagaimana cara kerjanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu terjadi jika semua orang melakukannya, kalo cuma saty dua ya tidak berpengaruh pada google etapi 50% kehidupan manusia sekarang sudah bergantung pada google seperti untuk navigasi, OS yang dipakai, dan masih banyak lagi

      Hapus
  5. Oh gitu, thank mas, jadi tahu nih..
    Membantu juga kalau pake Google Maps ini kalau mau berpergian khususnya tempat yang belum pernah di datangi :)

    BalasHapus
  6. beuh makin penasaran sama pelajaran Algoritma nih apalagi kalau tau banyak banget manfaatnya. ditunggu #GEEKUPDATE selanjutnya

    BalasHapus
  7. em jadi seperti itu ya mas cara g-map mengetahui suatu daerah macet atau gak

    kalo aku pribadi sih gak pernah make g-map :D
    entah kenapa lebih suka nanya sama orang kalo lagi tersesat hihi

    eh pernah juga sih aku kesasar dijalan yang kagak ada orang...
    tapi tetep aku gak buka g-map..
    yang buka g-mapnya temen aku hihihi

    BalasHapus
  8. Wah gue ngerti. Jadi google itu mengambil semua data dari setiap ponsel yang dibawa oleh pengendara? Semua data-data itu dikalkulasikan, dianalisis, jadi sebuah kesimpulan bahwa jalan itu macet atau tidak. Gue ngerti sekarang, tapi mesti lo jelasin lebih lanjut lagi deh. Soalnya teman-teman lain diatas belum pada ngerti.

    Seingat gue, aplikasi GMaps baru dua kali gue gunakan seumur hidup untuk memandu perjalanan, hehe. Karena masih versi beta, gue takut datanya bersifat relatif dan berpotensi menyesatkan. Semoga Google terus mengoptimalkan kinerja dari Google Maps.

    BalasHapus
  9. Pengalaman pergi pakai google map ada suka dukanya sih, nggak jarang gue juga tersesat atau malah lebih jauh dari tujuan, kadang juga di bawanya ke hutan-hutan yang entah ada di mana, gue pun mikir masa iya google map sampe ke tempat-tempat terpencil kayak gitu... hehehe...

    BalasHapus
  10. Sumpah sih aku mau berterimakasih banget sama orang yang udah nyiptain google map.

    Menurutku aplikasi yang satu ini sangat sangat membantu kalo aku lagi bepergian.

    Perjalanan aku jadi ga terasa menakutkan karena semua sudah tercantum di google map.

    Paling kendala dari aplikasi ini yaitu koneksi internet yang jelek :(

    BalasHapus
  11. Google Maps emng sangat membantu sekali jika ingin pergi ke suatu tempat, gak khawatir nyasar, udah tahu jalan mana yang harus dilewati hehehe, bener bener canggih ya.

    Aku pernah pakai Google maps malah lupa ngikutin petunjuk, meskipun begitu tetep dibuatin rute baru sampai tujuan deh.

    BalasHapus
  12. Jujur aku gamptek banget kalau disuruh baca google maps. Dulu pernah pas mau ke TMII, karena salah turun bis dan malu tanya ke orang, akhirnya aku buka lah gmaps di hp, malah tambah nyasar.
    Aku pernah dikasih tau cara bacanya sama temenku to ttp bga ngerti. Hehe

    BalasHapus
  13. intinya, Google Maps emang CANGGIH banget!! Jaman sekarang mau kepo lalu lintas pun terasa begitu mudah ya

    BalasHapus
  14. Ya pantesan aja kadang gugel mep gak terlalu akurat. Apalagi penunjuk arah, pernah nyari alamat dan gak terdeteksi. malah alamat lain yang keluar.
    Kalo masalah jalanan macet belum pernah merhatiin segitunya sih. soalnya gue berada di kampung jadi mustahil denger jalanan macet hehe
    Nice post nambah ilmu. Moga makin banyak #geekupdate kedepannya :D

    BalasHapus
  15. gps asus ZE500KL gw dodol banget.. gw lagi dimana, titiknya dimana.. gaje bgt dah haha
    makasih postingannya :D informatif bgt

    BalasHapus
  16. Sayang nih aku nggak pake aplikasi ini, jadinya kurang tahu..
    Sekarang sih udah sedikit tahu lewat postingan ini.. :)

    #SalamKunjunganBalik

    BalasHapus
  17. temenku dulu pernah nyasar pake google maps, gk tau apa karena gk bisa makeknya atau apa, yg jelas saya sndiri mlah belum pernah dibuat nyasar, lumayan keren sih ni aplikasi, nice post gan

    BalasHapus
  18. Dampak negatifnya aku kurang tahu juga sih,
    tapi kadang google maps pernah bikin aku kesasar wqwq.
    Selain itu kalo aku pake google maps batre HP jadi panas dan cepet habis.
    Ini sebenernya kesalahan akunya sih bukan google mapsnya :)

    Tapi sejauh ini Google maps sangat membantu aku kalo lagi bepergian kemana-mana :)

    BalasHapus
  19. Kadang, karena berbagai kekurangan alat buatan manusia, bisa saja Google Maps salah memprediksi tentang kemacetan atau malah parahnya salah ngasih rute. Karena mereka tidak benar-benar berada disitu dan hanya menyarankan dengan mata 'tertutup'.

    Efek negatifnya ya menurutku data-data tentang rute akan diketahui oleh semua orang, dan kalau orang jahat tau, bisa saja dia melacak keberadaan kita.

    BalasHapus
  20. Berarti.. Google gak pakek satelit. Because it doesn't exist, gue baca ini gue makin paham, penjelasan yg lo kasih bagus..

    Gue request dong, gmna caranya fiber optic bekerja, kenapa fiber optic dipasang melintang mlalui darat dan laut di seluruh duni. Hahaha

    BalasHapus
  21. Sepertinya nggk ada dampak negatif, oiya mungking bakalan menguras baterai hape.

    Aku belum terlalu paham cora menggunakan gps ketika lagi tersesat. Aku lebih suka bertanya kepada seseorng ketika tersesat.

    BalasHapus
  22. Oh ternyata begitu ya, canggih juga ya algoritmanya. Selaen itu, feedback dari user juga berpengaruh. Kalo kayak pake Waze gitu kan kita bisa report, jalan mana yg macet, jalan mana yg ada kecelakaan, dsb

    BalasHapus