Blog Sebagai Wadah untuk Berkarya - Asdita Prasetya

Blog Sebagai Wadah untuk Berkarya

Blog sebagai wadah untuk berkarya

Pada dasarnya semua orang ingin berkarya dan bisa bermanfaat bagi orang lain, berkarya sifatnya luas, lakukan apa yang kamu suka maka itu bisa dianggap berkarya tentu dengan batasan yang sesuai dengan norma yang berlaku, dengan berkarya kita bisa memperlihatkan kepada semua orang di dunia siapa sebenarnya diri kita.

Akan lebih baik jika karya yang dihasilkan sesuai dengan hobi yang disukai, dengan melakukan suatu yang kita sukai membuat jiwa menjadi lebih tenang dan tidak merasa tertekan, jika suka menulis maka tulislah suatu yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain atau mungkin dapat mengubah dunia menjadi lebih baik.

Seorang dapat berkarya dengan memanfaatkan berbagai media yang ada, contohnya di tengah perkembangan teknologi kita dapat berkarya degan membuat website sendiri, website dapat digunakan sebagai media publikasi sehingga banyak orang yang dapat melihat karya kita. 

manfaat membuat blog

Bukan hanya itu blog/website juga mempunyai banyak manfaat diantara-Nya adalah : 

Branding, maksudnya blog sebagai identitas diri kita, contohnya ketika kita mempercantik tampilan blog dengan tampilan ala masakan dan menuliskan tentang masakan maka pembaca akan tahu bahwa si penulis adalah seorang koki atau orang yang suka dalam dunia memasak.

Mengasah kreativitas, demi menghasilkan karya yang ciamik kita dituntut berpikir keras menciptakan suatu karya yang belum pernah diciptakan sebelumnya, dengan berpikir itulah otak akan terasah menjadi lebih kreatif dan anti mainstream.

Memperluas relasi, jika punya blog atau sedang ingin membuat blog sendiri maka cobalah untuk bergabung dengan komunitas blogger, bergabung di komunitas blogger kita akan menemukan banyak orang yang mempunyai misi sama, secara tidak langsung kita juga akan menambah relasi dan memperbanyak teman, siap tau kita juga bisa menemukan jodoh.

langkah blogging

Jika ingin berkarya dengan media blog maka ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum membuat blog.

Tema blog, tentukan tema, tema biasanya berhubungan dengan apa yang di kuasai atau hobi. Dengan menentukan tema blog apa yang akan kita unggah nantinya tidak akan ngawur ngalor ngidul, kita jadi punya batasan tentang apa yang akan di unggah atau apa yang tidak perlu di unggah.

Target pembaca, menentukan target juga tidak kalah pentingnya dalam pembuatan blog, penentuan target mempengaruhi bagaimana gaya bahasa, jika target kita adalah remaja umur 18 tahun ke atas maka kita bisa menggunakan bahasa gaul yang sedang Hits, namun hal itu tidak bisa diterapkan jika target kita adalah usia dewasa.

Domain, Domain merupakan salah satu hal yang paling utama, singkatnya domain ibarat alamat kita, agar orang dapat mudah mengingat alamat rumah kita maka pilihlah domain yang familiar dan tidak terlalu rumit sangat disarankan untuk menyewa domain TLD.

Domain TLD atau biasa disebut Top Level Domain adalah domain yang tingkatannya paling atas nah untuk memiliki domain TLD harus menyewa dengan minimal penyewaan 1 tahun, salah satu penyedia layanan penyewaan domain adalah Domainesia.

Platform yang akan digunakan, platform adalah teknologi apa yang akan digunakan dalam pembuatan blog, sejauh ini ada 2 platform yang populer digunakan untuk membuat blog yaitu blogger dan Wordpress.

Jika ingin membuat blog dengan platform Blogger maka tinggal daftar di http://blogger.com namun aku sarankan untuk menggunakan WordPress karena ada banyak fitur yang ada di WordPress dan tidak ada di blogger, untuk kelebihannya akan aku bahas di postingan selanjutnya.

Domainesia Instan Deploy
Domainesian Instant Deploy

Jika sudah memutuskan untuk membuat blog menggunakan platform WordPress namun tidak tahu bagaimana cara membuat website dan tidak memiliki keahlian dalam konfigurasi dan installasi jangan kuatir, Domainesia akan melakukannya tinggal sekali klik maka jadilah website sesuai dengan keinginan.

Kenapa Domainesia ?

  • Berdiri di tahun 2009, Domainesia bukan lagi anak baru dalam bidang domain dan hosting, hingga saat ini telah melayani lebih dari 20.000 lebih customer.
  • Customer support yang selalu memahami permasalahan yang kita hadapi dalam membangun website, tinggal curhat dan akan diberikan solusi yang harus kita lakukan, tentunya mereka sudah berpengalaman dibidangnya.
  • Garansi uang Kembali jika merasa tidak puas degan layanan yang ada kamu bisa meminta uangmu dikembalikan tentunya sesuai dengan syarat yang berlaku.
  • Domainesia menyediakan domain murah yang bisa digunakan untuk membuat blog menjadi lebih profesional. Domain yang disediakan juga beragam kita bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.
  • Adanya fitur Instan Deploy yang memudahkan melakukan install dan konfigurasi website.

Dan masih banyak lagi kelebihan dari Domainesia yang tidak dapat aku sebutkan semuanya. aku sendiri merupakan salah satu pelanggan yang telah melakukan banyak transaksi di Domainesia sejak pertama kali memiliki blog sampai sekarang merasa sanggat puas dengan pelayanan dari Domainesia, Jika tertarik untuk melakukan order silakan menuju http://domainesia.com 

Tag : domainesia, domain, hosting, hosting domain murah, hosting murah indonesia, cara membuat blog, cara membuat website.
logoblog
Asdita Prasetya
Asdita Prasetya Updated at: 11/09/2016

28 komentar

  1. wah ada yang terselubung di postingannya XD

    ngeblog itu salah 1 hobi yang menyenangkan bahkan bisa menguangkan apabila anda beruntung didatangi klien buat "ngiklan", betul?
    tapi sejatinya, kalau ngeblog buat nyenengin hati mah, masalah duit semacam bonus aja atas kesenangan itu.

    pokoknya apapun bentuknya, tulisan, bikin video, dsb asal semua positif, mari digalakkan agar generasi muda indonesia bebas dari narkoba, salam olahraga!

    BalasHapus
  2. Udah baca dua review blogger tentang Domainesia nih, hmm kayaknya Domainesia ini rekomended. Hmmm gue mau beli domain nih. Hehe

    Blogger changes me. Yang dulunya gak suka baca jadi suka baca. Yang dulunya gak suka nulis jadi suka nulis. Uhh blog segalanya

    BalasHapus
  3. Yaps.. betul sekali, ngeblog menyalurkan karya dan pengalaman kita ke orang lain dalam bentuk tulisan, saling sharing satu sama lain, cucok mas bro.. hehe..

    BalasHapus
  4. Wuih, Gue setuju sama komentarnya mbak Pipit noh. Generasi muda bangsa mari kita berkarya dan jauhi narkoba.

    Iye bang, ngeblog itu asik ! Gue korban nggak pernah mandi karena harus main dengan laptop mulu haha.

    Salam dari Ranger pink Vyangers.com

    BalasHapus
  5. Bermanfaat banget buat pemula kayak saya..masih gak tahu gimana bikin viewers yang banyak.

    Setidaknyan blog bisa bikin rekaman pribadi kita kelak kita dewasa.

    BalasHapus
  6. Udah berapa ya baca tntang domainesia.. hehe
    tapi memang benar blog merupakan wadah untuk kita berkarya.. semoga trus bisa berkarya mas :)

    BalasHapus
  7. betul tuh, dari pada buang-buang waktu gak jelas, mendingan ngeblog. Walaupun gak bisa nulis, lama-kelamaan bakalan bisa, asal ada niat dan kemauan.
    Untuk keuntungan yang didapat dari blog jangan dipikirkan dulu di awal, bangun dulu blognya, kalau udah banyak yang membaca dan blog mulai terkenal, rejeki akan datang sendiri kok

    BalasHapus
  8. tapi kadang aku malah suka keblinger sendiri kalo harus ngisi blog sesuai tema, atau apalah itu. suka kayak jadi beban, ehe

    sering banget aku minder cuma gara-gara isi blogku nggak jelas banget, beda sama punyanya blogger lain.

    BalasHapus
  9. gw suka banget ngeblog :) dan alhamdulillah dengan hobi gue ini, gue bisa dapatin uang jajan lah dari sosmed sama blog. sampai temen2 gue heran, kenapa gw tiap minggu dikirimin barang gratis, kenapa gw bisa dibayar sama salah satu e-commerce. hahahah.. padahal sebenernya gw belum terlalu fulltime ngeblog tap alhamdulillah manfaatnya kerasa banget. disamping penghasilan, gw juga seneng kalo banyak feedback yg masuk ke blog :)) rasanya kayak dianggap

    BalasHapus
  10. Wkwk, sama aku juga udah baca tentang DomaiNesia, bahkan aku juga buat artikel tentang penyedia layanan domain yg satu ini.

    Semoga sukses om.
    Heee

    BalasHapus
  11. Gw Suka Ngeblog Karna Hobby Gw Menulis.
    Dan gw Ngeblog Bukan Karna Uang Namun karna Hobby..
    Yh Tapi namun Begitu Gw Juga Butuh Materi Buat Beli Quota Wkkwkkww

    Sukses terus Ka :)

    BalasHapus
  12. Jadi inget awal mula ngeblog dijaman masih labil, isinya copas semua hahaha. Tapi sekarang karena mulai banyak fashion blogger yang kehidupannya menarik untuk dibuat tulisan, saya jadi kena pengaruhnya deh untuk buat blog lagi :D

    BalasHapus
  13. emang sih hidup dijaman sekarang , jaman social media sayang bgt kalo cuman dimanfaatkan hanya untuk upload foto , berkarya lebih asyik, mari kita ciptakan kreatifitas wkwkwkwk

    BalasHapus
  14. Gue udah punya semua unsur yang diperlukan untuk membuat blog itu, kecuali domain. Soalnya gue masih pakai subdomain wordpress. Tapi niat untuk beli domain gue tunda dulu, soalnya menguras dompet banget.

    Tapi gue punya kenangan buruk bersama Domainesia, sejak saat itu gue memutuskan untuk tidak berurusan lagi dengan Domainesia, dan pindah ke situs penyedia domain hosting yang lain.

    Sakit, broh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ke domainesia banyak promo domain, kadang mereka juga memberikan domain gratis. Ceek aja terus

      Hapus
  15. Bagi gue sih di era sosial media saat ini, seharusnya dijadikan sebagai wadah untuk mengeluarkan bakat kreatifitas. Yang hobbynya nulis tempat di blog dan yang hobinya di bidang seni seperti musik dan yang lainnya tempatnya di youtube. karena dengan seperti itu kita akan menjadi lebih PD dengan kemampuan kita sendiri

    BalasHapus
  16. Ini iklan ya? Wkwkwk
    Ya menurut gua, sekarang dengan segitu pesatnya kemajuan teknologi, banyak media dan platform yg bisa kita gunakan untuk berkarya
    Sayangnya, masih banyak orang yg memanfaatkan kecanggihan teknologi kita bukan untuk berkarya yg positif, melainkan menciptakan karya atau tulisan yg memprovokasi dan merusak keutuhan bangsa kita

    BalasHapus
  17. Ini iklan ya? *Ikutan komen yang diatas.
    HANJIR!!! Gak ketauan klo ini iklan, good job bro. Cocok nih jadi pengiklan, haha

    Bener banget, berkaryalah apapun yang lo suka. Pasti ada banyak manfaat yang bisa diambil. Klo kayak kita (HAH? Kita!!! :D) dengan terjun di dunia blog udah otomatis suka dengan dunia ini, tulis menulis dan tentunya baca. Lebih penting lagi, apapun hobi and passion. KONSISTENLAH! *BOOM!!!!!

    BalasHapus
  18. Blog buatku adalah wadah imajinasiku..:) Ini adalah tempat menyalurkan segala kreativitas yang aku punya. Udah lama sih mgeblog, tapibaru bener2 dicari konsepnya yaA baru 2 th ini lah..:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konsep bisa jadi pondasi blog yang akan kita bangun

      Hapus
  19. Kalo gak salah ini lomba . Iya kan ? gue juga tadi nya mau ikutan , tapi gak ada waktu untuk menulis lagipula draft draft gue juga masih banyak yang belum terselesaikan.

    Blog emang salah satu wadah untuk berkarya , tapi tidak semua . Hanya orang yang memiliki akal sehat dan percaya diri , mereka yang dapat menyimpulkan blog sebagai wadah untuk berkarya .

    Setiap orang punya passion yang berbeda dalam berkarya , ya salah satunya dengan memanfaatkan blog sebagai media untuk menghasilkan karya.

    BalasHapus
  20. Sebenarnya ada yang harus diluruskan, sih, di pembahasan ini. Karena, blog dan website itu beda lho.. Jadi, sebenarnya yang akan dibahas blog atau website di konten ini. Ya, sebuah saran aja, sih, kalo memang mau fokus blog, nggak usah dibahas website.

    Gue sih, setuju aja mau menggunakan penyedia layanan apa saja, karena sejatinya semua server yang di Indonesia tentunya udah patut diacungi jempol. Salah satunya Domainesia.com ini. Dengan segala kemudahan yang diberikan, ya semoga bisa membantu buat pemula di luar sana untuk menemukan ke mana harus membeli domain, hosting, dll.

    BalasHapus
  21. Setelah saya nge-blog, banyak banget manfaat yg saya rasain, termasuk yg kamu bilang seperti branding, mengasah kreativitas, memperluas relasi..
    Berkat blog, kita semua disini bisa saling mengenal bukan? Hehehe

    BalasHapus
  22. Bener gan..saya juga lebih milih pake Wordpress hehe :D

    BalasHapus
  23. saya sangat setuju blog sangat tepat dalam menyalurkan serta hobi dalam bentuk tulisan dll
    Berkarya Tanpa Batas Dengan Nextwapblog.com

    BalasHapus