Cara Mudah Membuat Slowmotion - Asdita Prasetya

Cara Mudah Membuat Slowmotion

Belajar membuat : Slowmotion

Slowmotion merupakan salah satu teknik memanipulasi gambar dengan cara memperlambat kecepatan gambar yang efeknya penambahan durasi dari gambar sumber, loh kok gambar ? bukannya video ? nah video itu sebenarnya adalah gabungan gambar yang banyak dan ditampilkan berurutan sesuai dengan kecepatan tertentu. Bisanya slowmotion digunakan untuk merekam objek yang geraknya sangat cepat contohnya ketika olahraga atau slowmotion dapat juga digunakan untuk memberi efek dramatis pada film, contohnya seperti dibawah ini.


Untuk membuat slowmotion gampang – gampang susah hal pertama yang wajib disiapkan adalah kamera, bisa kamera DSLR atau kamera HP. Kebanyakan kamera sudah memiliki kemampuan untuk menghasilkan video slowmotion tapi harga kamera seperti ini masih cukup mahal dipasaran dan terkadang jika kita mengambil langsung gambar dengan efek slowmotion kita akan susah untuk melakukan kostumisasi.

Bagaimana cara membuat slowmotion


Pertama, untuk menghasilkan slowmotion yang halus dan enak di pandang yang harus kita lakukan adalah mengambil gambar dengan kecepatan diatas 60 fps gambar yang di rekam harus yang bergerak cepat namanya juga slowmotion, untuk latihan bisa merekam mobil yang sedang bergerak, kucing lompat atau gelas yang jatuh dari meja. Jangan sampai merekam gambar yang diam.

Kedua, Melakukan editing dengan menggunakan Adobe premier pro

Import video –  drag ke sequence – pilih menu speed or duration

Nah di sini kita akan mengatur bagaimana video kita bisa menjadi slowmotion yang halus dengan mengurangi fps dari video sumber. Jika kalian mempunyai video dengan kecepatan 120fps ubahlah menjadi 30fps untuk hasil yang maksimal dan tidak patah – patah.

membuat slow motion
Speed/duration
Untuk mengubah ke 30fps kita turunkan kecepatan video nya menjadi 25% berdasarkan penghitungan dengan rumus 120fps : 4 = 30fps sehingga 100% : 4 = 25%. Sebenarnya bukan ketetapan kalian bisa melakukan eksperimen sesuai keinginan kalian, Setelah melakukan pengeditan langkah terakhir adalah melakukan render video. Berikut ini adalah video slowmotion yang kubuat.


Untuk software editing video gunakan yang kalian bisa, selamat berkarya.
logoblog
Asdita Prasetya
Asdita Prasetya Updated at: 10/22/2016

14 komentar

  1. kurang paham saya sama editing video, yha.....walaupun saya ada keinginan menjadi seorang youtubers........hehehe

    itu pakai adobe preimer pro iya, bebrarti berbayar?

    BalasHapus
  2. Efek slowmotion ini emang keren banget, apalagi di adegan action gitu. Dan ternyata untuk belajarnya tidak terlalu susah juga yaa. Proses editnya pun juga hanya mengubah durasi clip speednya.

    Btw, itu slowmo yang kamu buat keren banget lohh hehe

    BalasHapus
  3. Slow motion emang kece sih kok kalo dimasukin ke video2 tertentu tergantung konsep dari videonya itu sendiri. Btw, salam kenal ya^^

    BalasHapus
  4. wih, keren tuh slowmotion rich chigga nya hahaha. disesuaikan juga yak sama tempo lagu, disisipin gambar item. Gue kira awalnya ini belajar stop motion, setelah gu ebaca lebih lanjut ternyata slowmotion, hohoho :)

    BalasHapus
  5. Keren nih hasilnya, bisa dicoba nanti :)

    BalasHapus
  6. Waw aku sudah pernah belajar ini dulu.
    Ini memang tutoria palling basic untuk belajar video editing.
    nanti aku tunggu trik trik selanjutnya yah :)

    BalasHapus
  7. Teknik2 editing video ini bikin mangap ya. Keren2 euy. Slowmotion itu keren kalo adegannya tepat. Jadi inget film horrible bosses 2, aktornya keluar dari bar sok2 slowmotion, padahal bukan. :))

    BalasHapus
  8. Slow motion ditambah lagu rap, behhhh keren banget. Gue juga tertarik aih belajar editing video, tapi sayang spek laptop kurang memadai*sad. Btw, keren video lo bray, mungkin kalo di tempat tua tua gitu kayaknya bagus.

    BalasHapus
  9. Terimakasih atas tutorialnya..
    walaupun belum ada minat bikin video, tapi ilmu kayak gini pasti bermanfaat di hari yang lain

    BalasHapus
  10. Bikin slowmotion mah gampang, yg lebih susah bikin efek screen hold. Kayak di video2 klip jaman sekarang misalnya. Orangnya lagi nari2, terus pada suatu waktu, di freeze screennya, keluar nama orangnya, udah itu lanjut gerak lagi.

    BalasHapus
  11. Oh ternyata caranya gini, ya? Bener-bener baru tahu gue. Hahaha.
    Terima kasih buat caranya. Siapa tau bisa gue pakai di video-vide 'tulisan pendek' gue berikutnya.

    BalasHapus
  12. Wah ada yang sama kayak gue juga nih, punya hobi selain ngeblog, ngedit video. Tutorialnya berguna banget nih, bro.

    Tapi, gue biasanya kalo edit video pake sony vegas biar lebih mudah. :D

    BalasHapus
  13. Wah boleh juga nih belajar cara membuat slowmotion.. vidionya keren juga mas..
    salam kenal..

    BalasHapus